Sunday 21 June 2020

CARA DAFTAR DAN UPLOAD KARYA KE SHUTTERSTOCK UNTUK MENDAPAT DOLLAR


Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang semoga saja dapat bermanfaat buat kalian yang suka fotografi atau yang rajin bikin desain buat mencoba menjual karya-karya yang kalian buat biar bisa dapet dollar alias uang.

Buat kalian yang belum tahu jadi di internet itu ada banyak tempat untuk menjual gambar hasil karya kita, bisa berbentuk hasil foto ataupun hasil desain. Tempat kita menjual karya kita itu dinamakan marketplace. Ada banyak marketplace untuk menjual gambar tersedia saat ini, dan satu yang paling terkenal adalah Shutterstock, buat kaian yang suka googling gambar-gambar pasti ga asing dengan nama ini. Pasti kalian pernah searching di internet sebuah konten gambar lalu beberapa yang muncul adalah gambar yang ada watermark bertuliskan shutterstock kayak di bawah ini.


Kenapa ada watermarknya? Ya, karena kalian harus membayar secara online untuk bisa mendownload gambar asli tersebut (gambar tanpa watermark)ke Shutterstock dan yang nantinya Shutterstock akan membayar ke pembuat karya tersebut secara online pula. Orang yang membuat dan menjual karya/seller di shutterstock dinamakan Contributor.

Dan saya kasih tahu di awal sekarang kalau buat bisa mengejual karya di Shutterstock itu ga semudah bilang simsalabim adakadabra, malah cukup ribet menurut saya, ribet banget. Karena karya kalian harus disetujui oleh tim Shutterstock untuk bisa masuk katalog. So, disini saya akan menjelaskan bertahap saja. Nah di pada kesempatan kali ini pertama saya ingin share terlebih dahulu bagaimana cara mendaftar untuk menjadi contributor di Shutterstock dan cara mengupload karya ke Shutterstock. Okey, ini dia langkah-langkahnya.

Setelah mempersiapkan karya untuk dijual kalian masuk ke halaman berikut ini.


Maka tampilannya akan seperti di bawah ini.



Lalu klik Sign up yang ada di bagian kanan atas layar. Maka tampilannya akan seperti di bawah ini.



Isilah isian yang ada di halaman itu. Pastikan gunakan password yang terdiri dari paling sedikit 8 karakter yang mengandung huruf besar, huruf kecil, angka dan tanda boleh pagar atau strip dan lain sebagainya.
Setelah itu Shutterstock akan mengirimkan e-mail konfirmasi ke alamat e-mail yang tadi didaftarkan. Maka segeralah buka e-mail anda dan buka pesan dari Shutterstock. Di dalam email tersebut anda di minta mengklik tombol konfirmasi. Silahkan klik lalu lanjutkan untuk membuka halaman website Shutterstock kembali. Maka tampilan setelah Log in ke Shutterstock kurang lebih seperti berikut ini.



Setelah itu klik Upload Images di bagian kanan atas halaman untuk mengupload gambar yang sudah kita persiapkan, atau klik anak panah di samping tulisan Upload Images untuk mengupload video jika kalian ingin mengupload video. Namun di sini saya beri contoh untuk cara mengupload image.
Setelah mengklik tombol Upload Images silahkan klik Select multiple files dan pilih karya yang mau di upload dari tempat penyimpanan kalian. Sistem Shutterstock akan menyarankan anda utuk mengupload  minimal 12 atau 16 karya dalam satu kali upload, tapi sebenarya satu juga gak apa-apa. Kalau sudah silahkan klik Next.



Nah setelah itu kalian akan dibawa untuk memberi detail karya kalian.  Tampilannya seperti berikut ini.



Yang harus kalian lakukan jangan lupa beri centang pada karya yang mau diberi keterangan. Isian ini sangat penting karena sangat berpengaruh terhadap disetujui dan laku atau tidaknya karya kalian.
Pada image type silahkan pilih apakah bentuk karyanya berupa foto atau berupa ilustrasi lalu dibawahnya pilih commercial karena kita mau menjualnya.
Lalu tuliskan konsep karya pada Description. Kemudian pilih kategori  untuk tema karya kalian pada Category 1 dan Category 2. Dan dibawahnya isikan Keyword atau kata kunci untuk karya kalian agar orang lain gampang menemukan karya kalian. Kata kunci minimal 7 kata, kalau bingung nanti ada saran kata kunci di bawahnya silahkan tinggal pilih.
Kalau sudah lengkap klik Submit.

Setelah itu karya kalian akan di review apakah layak atau tidak untuk dijual di Shutterstock. Hasilnya 1x24 jam. Tapi sebenarnya beberapa jam juga biasanya sudah keluar hasil apakah karya kalian di approve alias disetujui ataukan di reject alias di tolak. Hii serem banget ya. Kalau Approved maka gambar kalian akan masuk ke bagian Image portofolio kalian, dan kalau Rejected maka karya kalian akan masuk ke bagian Recently reviewed dan akan terhapus otomatis dalam waktu sekitar 3 minggu. Nah itulah alasannya kenapa saya mengatakan ribet, karena tidak semua karya kita bisa dijual di Shutterstock. Maka dari itu mungkin pada postingan selanjutnya saya akan lanjut ke tahap membahas tips bagaimana agar karya kita di Approve oleh Shutterstock.

Okey, semoga bermanfaat. Saya doakan semoga yang baca blog ini sehat selalu, lancar dan banyak rezekinya dan dijauhkan dari wabah, bala dan musibah. Amiiin.

Assalamualaikum Wr.Wb.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free