Friday 7 March 2014

PENGERTIAN SENI RUPA

Berikut ini saya ingin berbagi sedikit ilmu mengenai Pengertian Seni Rupa atau Definisi Seni Rupa.

Jika mendengar istilah seni rupa,apa yang terbesik dalam fikiran anda? Biasanya kebanyakan orang berfikir kalau seni rupa adalah suatu bentuk keindahan yang dituangkan dalam lukisan atau patung.  Memang definisi seni rupa yang diyakini oleh sebagian besar masyarakat tersebut tidaklah salah, hanya saja kurang tepat. 
Saya yang telah berkecimpung dalam dunia Seni Rupa mendapatkan pengertian Seni adalah ekspresi jiwa. Kenapa kata ‘keindahan’ kurang tepat untuk dijadikan definisi seni rupa?Karena menurut saya tidak semua hasil karya seni itu indah. Ada banyak lukisan terlihat sangat acak-acakan dan sangat-sangat jelek tetapi orang bilang bahwa itu adalah seni, ya itu memang benar, lukisan itu tidak indah sama sekali tetapi tetap dibilang seni, karena lukisan tersebut merupakan bentuk ekspresi dari ide, konsep, pengalaman dan perasaan orang yang melukisnya.

Jadi, definisi Seni Rupa menurut saya adalah suatu bentuk penuangan ekspresi dari ide/gagasan, konsep, ilmu, pengalaman dan perasaan kepada objek yang dapat dinikmati secara visual. Jika diistilahkan secara kasar,Seni Rupa itu ‘kamu curahin deh apa yang ada difikiran dan hati kamu lewat benda apa aja yang bisa dilihat orang’. Penuangan konsep tersebut dapat berupa membuat lukisan, membuat patung, membuat desain, performent art sampai membuat kerajinan dan masih banyak lagi.



Sekarang saya akan member tes pertanyaan pada anda untuk mengukur apakah anda benar-benar paham isi tulisan saya atau tidak . Pertanyaan nya jika seseorang mencurat coret sebuah dinding hanya untuk iseng tanpa maksud apa-apa namun hasilnya ternyata bagus, apakah itu termasuk seni rupa??

Demikianlah Pengertian Seni Rupa menurut saya. Semoga tukisan ini dapat bermanfaat bagi siapapun juga. Baca juga Artikel Seni Rupa lain dengan tema Seni Rupa Moderen Islam dalam blog ini. Terimakasih telah berkunjung. 

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free