Sunday 14 September 2014

KUDA RENGGONG, TRADISI TERPELIHARA KECAMATAN BUAHDUA, SUMEDANG

Ada yang sangat menarik yang saya temukan saat saya KKN (Kuliah Kerja Nyata) di desa Citaleus, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang yang saya laksanakan pada pertengahan tahun 2014 ini.

Sebuah tradisi turun temurun yang selalu menjadi pertunjukan favorit warga Buahdua ini seolah tidak tergilas jaman dan tidak pernah menemukan kata bosan di dalam benak warganya. Namanya Kuda Renggong. 

Sebuah seni pertunjukan ini seperti terlihat menjadi hal yang wajib dimunculkan jika warganya akan melangsungkan sebuah acara seperti hajatan dan lain sebagainya. Anehnya, meskipun pertunjukan kuda Renggong itu hampir setiap bulan ada, namun warganya selalu antusias untuk menontonnya, seperti tidak ada kebosanan dalam diri warganya untuk seni pertunjukan bernilai luhur tersebut.


Kuda Renggong adalah suatu pertunjukan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang memiliki fungsi masing-masing dalam kesatuan kelompoknya dan kuda jantan dan betina yang di hias sebagai objek utama pertunjukannya.  Apa yang ditampilkan dalam pertunjukan Kuda Renggong yaitu sebuah gerakan kuda yang unik (seperti menari) saat diiringi music dan nyanyi nyanyian oleh Tanji dan Sinden.

Satu paket termurah Kuda Renggong biasanya berisi sepasang kuda (jantan dan betina), 12 orang tanji dan seorang sinden. Harga akan berlipat untuk kelipatan jumlah kuda dan tanji-nya juga. Mereka semua akan berkeliling kampung untuk menarik masa. Kuda-kudanya dapat dinaiki oleh pemilik hajat atau masyarakat biasa dengan memberikan saweran kepada pemegang kuda (misalnya 10ribu).  Kita juga dapat menari dengan sinden-nya dengan cara memberi saweran seikhlasnya juga kepada sinden.




Berikut foto-foto saya bersama teman-teman KKN saya saat bersama tim Kuda Renggong Desa Citaleus dalam acara perpisahan KKN kami.







Sekian sedikit cerita saya mengenai pengalaman saya yang sangat berharga dan tak terlupakan dalam menemukan sebuah tradisi Indonesia yang tidak ternilai harganya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, amin………

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free