Assalamualaikum Wr. Wb.
Hari ini saya akan berbagi pengalaman mengajar saya di SMK
Cendekia Batujajar, cukup singkat memang pengabdian saya di sana, hanya sekitar
4 bulan, namun setidaknya ada yang bisa saya bagi pada kalian dari moment yang
singkat tersebut, yaitu postingan ini, yang semoga saja dapat enjadi inspirasi
bagi kalian.
Okey kita mulai saja.
Salah satu materi Seni Rupa baik di SMA maupun di SMK untuk
kelas X (kurikulum apapun) pasti ada materi “Pembuatan karya seni rupa dua
dimensi menggunakan berbagai media dan teknik dengan melihat model”. Apa itu karya
seni rupa dua dimensi? Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang
hanya memiliki dimensi panjang dan lebar saja atau karya yang hanya bisa
dinikmati dari satu arah pandang saja, contohnya gambar dan lukisan. Sedangkan
karya seni rupa 3 dimensi yaitu karya seni rupa yang dapat dinikmati dari
segala arah, contohnya patung.
Okey, untuk materi yang saya sebutkan tadi, pada hari
pertama saya memaparkan dulu konsep-konsep yang berkaitan dengan karya seni
rupa dua dimensi, lalu memberikan contoh-contoh karya seni rupa dua dimensi
untuk diapresiasi dan kemudian meminta siswa-siswi untuk menganalisis konsep,media
dan teknik pembuatan dari karya-karya yang ditunjukkan ke siswa. Naaah… baru
pada pertemuan kedua kita melakukan praktek dengan terlebih dahulu siswa
diminta melakukan persiapan berupa kertas gambar, pensil dan penghapus.
Prakteknya mudah saja.Kami melakukannya tepatnya pada hari
Rabu tanggal 18 Mei 2016.
Susunlah meja dan kursi siswa melingkar di mana objek yang
akan digambar diposisikan di tengah, seperti pada foto berikut ini.
Disini saya menggunakan benda-benda yang ada di dapur
sekolah sebagai objek, hehehe (biar ga repot)..
Dan berikut salah satu contoh karyanya, Namanya Kevin Julio
dari kelas X jurusan Teknik Kelistrikan.
Dengan proses pembelajaran seperti ini tentunya kita akan
mendapat hasil yang beragam dari setiap siswa tergantung dari sudut pandang
mana yang diambil.
Dan sebaiknya praktik ini tidak dilakukan hanya sekali,
minimal dua kali yang dilaksanakan secara berkesinambungan agar terjadi
peningkatan skill siswa dengan
terlebih dahulu mengevaluasi kekurangan pada karya siswa sebelumnya dan memberikan
arahan agar hasilnya menjadi lebih baik.
Pada praktik ke dua saya masih menggunakan material yang
dipinjam dari dapur sekolah hehehe namun saya memilih objek-objek yang lebih
rumit untuk digambar, seperti pada foto berikut ini.
Dan siswa-siswi pun begitu semangat mengerjakannya..
Okay…begitulah pengalaman praktek mengajar saya di SMK
Cendekia Batujajar, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja,
Amiiiiin….
0 comments:
Post a Comment