Friday 30 May 2014

CARA MEMBUAT CETAKAN PATUNG TORSO

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman mengenai cara membuat cetakan patung dari bahan semen. Di sini saya akan membuat cetakan patung torso yaitu patung dengan bentuk setengah badan.
Jika anda belum sepenuhnya paham mengenai patung torso, silahkan klik link di bawah ini.

http://catatansenirupa.blogspot.com/2014/04/contoh-patung-torso.html

Dan jika anda sudah paham anda tinggal pahami langkah-langkah membuat cetakan patung torso seperti di bawah ini ;
Pertama, siapkan model patung torso dari tanah liat yang sudah setengah kering. Lalu tandai dengan cara membuat garis di sekeliling tepi badan dengan menggunakan kawat atau benda tajam lain agar patung torso terlihat menjadi dua bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang. Jangan lupa perhitungkan lekukan-lekukan pada model jangan sampai nanti cetakan susah dibuka karena tersangkut.



Siapkan lempengan-lempengan seng yang tipis, lalu tancapkan disekeliling garis tadi.


 Lapisi seluruh permukaan model dengan mentega termasuk juga seng nya jangan lupa diberi mentega.


Buatlah adonan semen nya dengan cara mencampurkan semen dan air secukupnya lalu di aduk. Jika takut encer, kalian bisa menambahkan adonan dengan pasir (seperti tukang bangunan).


Tidurkan model patung torsonya lalu lumuri dengan adonan semen tadi.


Diamkan kurang lebih 24 jam.


Jika sudah didiamkan sekitar 1 hari lalu balikan model torsonya menjadi telungkub. Lepas seng- seng yang menempel di pinggir (kecuali yang di bawah) lalu lapisi lagi dengan mentega.



Tutupi lagi dengan adonan semen lalu diamkan kembali selama 24 jam (boleh lebih).


Terakhir buka deh semen bagian depan dan belakangnya.


Jadi deh cetakan patung torso nya….selamat mencoba… ^^


7 comments:

Unknown said...

Mf mb'..
klo mau membuat patung manusia (utuh) sperti pd tugu2, cara/tehnik pmbuatan yg tepat dr bahan semen itu bgaimana ya? Mohon pnjelasanya, bila brkenan tlg bls ke ekosaputro.1922@gmail.com
trims, salam. ..

MoraszoArts said...

Terimakasih banyak (y)

MoraszoArts said...

Terimakasih banyak (y)

RISA RAHMAWATI ALBIRUNI said...

Maaf baru di blz karena comen nya baru dibaca setelah saya membuka e-mail hari ini.
Iya dulu saya juga bingungnya si situ tapi setelah bertanya pada dosen saya akhirnya saya mengerti..jadi begini..
Pada postingan ini kan dijelaskan membuat cetakan patungnya saja, nah pada postingan selanjutnya ada cara membuat patung utuh menggunakan cetakan ini namun berbahan kertas. Nah kalau kayak patung di jalan-jalan itu minimal bahan dasar pembuat patungnya adalah semen. Jadi cara bikinnya itu cetakan yang sudah dibuat (seperti dalam postingan ini) permukaan di dalamnya dilumuri mentega atau sabun colek terus kedua sisi cetakan di satukan kemudian di isi adonan semen (campuran semen dan air), jadi pas adonan udah kering kedua sisi cetakan dibuka sehingga terbentuk patung utuh dari semen mengikuti bentuk cetakan. Fungsi mentega agar adonan semen dan cetakan tidak menyatu sehingga gampang dilepas.
Namun ada juga seniman-seniman patung yang membuat patung dari bahan tembaga, kuningan dan lain-lain agar hasilnya lebih variatif dan awet, namun itu memerlukan teknik tersendiri.
Nah, kalu untuk praktik sehari-hari kita bisa menggunakan gypsum yang dibeli di toko bahan-bahan kimia (jangan gypsum dari matrial) untuk menggantikan adonan semen jika ingin membuat patung yang berwarna putih.


Semoga penjelasannya cukup jelas.

Unknown said...

maaf mbk kalau dari bahan piber bagus gak ya, kayk karet gtu bahan ny sperti silicon trimz

Unknown said...

bagaimana kalau yang mau dicetak berbahan kayu, dilapais apa agar tidak menempel dengan semen

Unknown said...

Untuk membiat cetakan seperti model Tengkorak atau larakter yg tingkat kesuliyannya lebih tinggi,lebih mudah make bahan Silicon Ruber R48,lentur hasilnya lebih rapih..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free