Saturday 6 September 2014

TUTORIAL MEMBUAT PATUNG TORSO DARI KERTAS DENGAN EFEK BATU

Berikut ini saya RISA RAHMAWATI ALBIRUNI akan memaparkan tutorial bagaimana membuat patung torso dari bahan kertas namun tampilannya seperti patung dari material bebatuan.  Ingin tahu caranya, baca selengkapnya!

Patung torso adalah patung yang bentuknya berupa penampakan tubuh dari leher sampai selangkangan. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai patung torso, silahkan klik link di bawah ini.


Atau jika anda sudah lebih dulu paham, silahkan lanjutkan membaca tutorial ini.
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat patung torso dari kertas ini yaitu anda harus mempersiapkan cetakan patung torsonya terlebih dahulu. Cetakan patungnya boleh berbahan apa saja, bisa dari semen, resin ataupun rubber silicone. Jika anda belum tahu cara membuat cetakan untuk patung, berikut ini postingan saya mengenai ‘cara membuat cetakan patung torso dari semen’ silahkan klik link dibawah ini.


Atau jika anda sudah lebih dahulu paham, silahkan lanjutkan membaca tutorial ini.
Jadi, pertama-tama siapkan cetakan patung torso nya slalu oleskan lem PVAC / lem putih ke seluruh bagian dalamnya seperti berikut ini.



Lalu siapkan koran bekas, gunting sampai berbentuk memanjang, lalu basahi seluruhnya dengan air biasa seperti berikut ini.

Lalu tempelkan pada cetakan patung tadi seperti berikut ini.


Ulangi langkah diatas sampai seluruh permukaan bagian dalam patung tertutup oleh koran seperti berikut ini.


Lapisan koran tadi baru satu lapis. Olesi kembali permukaan patung yang sudah tertutup koran dengan lem kembali lalu tutup lagi dengan potongan-potongan koran basah lagi untuk membuat lapisan ke dua. Lakukan terus sampai didapat lebih dari 5 lapis koran.

Jika sudah agak kering, beli lem pada bagian sisi sisi patung seperti berikut ini.



Lalu tempelkan ke dua bagian cetakan tadi kemudian lapisi dengan koran lagi bagian sisi-sisinya seperti berikut ini.

Beberapa jam kemudian, koran akan mongering maka pisahkan kedua cetakan di atas lalu lepas lapisan korannya, hasilnya seperti berikut ini.


Rapihkan sisi-sisi patung korannya dengan gunting atau cutter, maka hasilnya seperti berikut ini.


Finishingnya, blok seluruh permukaan patung dengan cat besi warna hitam seperti berikut ini.


Lalu beri efek pada bagian-bagian yang timbul (highlite) dengan menggunakan cat besi warna emas atau perak atau tembaga seperti berikut ini.


Dan inilah hasilnya.



Ilmu ini saya dapat dari dosen saya Dr. Tri Karyono, M. Sn.,sewaktu saya mengontrak mata kuliah Seni Patung II. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, Amin…….

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free