Thursday 7 August 2014

CARA MEMBUAT BATIK DENGAN TEKNIK CANTING DAN COLET PART 2

Lanjut lagi ya ceritanya……


Kita kan udah selesai nyanting dan nyolet. Yang decanting waktu pertama itu untuk menghasilkan warna putih dan yang dicolet untuk menghasilkan warna merah, jadi terakhir kita tinggal memunculkan warna biru tua sebagai warna background/latar belakang sesuai dengan yang saya inginkan. Nah karena warna biru ini warna yang terakhir maka saya akan mewarnainya dengan cara proses pencelupan.

Untuk menghasilkan warna biru tua, maka saya memerlukan Napthol dengan kode AS-D dan Garam dengan kode Biru BB (sesuai dengan urutan warna yang ada di table).

Pertama-tama siapkan Napthol (AS-D), TRO dan Kustik Soda (NaOH). Campurkan ketiga zat tersebut ke dalam segelas air mendidih lalu tuangkan ke dalam beberapa liter air dingin biasa. Kita sebut saja ini sebagai larutan 1 (prosesnya sama seperti pewarnaan sebelumnya).



Campurkan ketiga zat tersebut ke dalam segelas air mendidih. 

Lalu tuangkan ke dalam beberapa liter air dingin biasa. Kita sebut saja ini sebagai larutan 1 (prosesnya sama seperti pewarnaan sebelumnya).


Kemudian siapkan garam dengan kode Biru BB. 

Langsung masukanke dalam beberapa liter air biasa pada tempat yang berbeda. Kita sebut saja ini sebagai larutan 2.


Jadi kita kini punya dua larutam yang berbeda, larutan 1 an larutan 2.


Ambil kain yang tadi sudah selesai kita canting, lalu masukan ke dalam larutan 1. Rendam di sana selama sekitar 3 menit. Jangan heran bila warna yang muncul tidak seperti yang kita harapkan karena warna akan muncul pada tahapan selanjutnya.
Setelah itu angkat dan tiriskan di tempat teduh sampai tidak ada air lagi yang menetes dari kain.


Baru masukan kain ke dalam larutan 2. Disini lah warna akan bangkit. Aduk –aduk kainnya agar warnanya merata.

Jika warna yang muncul sudah sesuai dengan yang kita inginkan maka cepat-cepatlah kain diangkat dan dijemur kembali.


Maka beginilah hasilnya.


Sekarang tinggal melepaskan malam/lilin dari kain. Caranya panaskan beberapa liter air yang telah dicampurkan dengan soda kostik, panaskan sampai mendidih.


Lalu masukan kain tadi ke dalam air tersebut sambil diaduk aduk dan sesekali diangkat sedikit, proses inilah yang disebut dengan pelorodan. Maka malam yang menempel di kain akan meleleh dan terlepas dari kain saat proses pelorodan tersebut.


Jika malam sudah tidak menempel di kain, cepat cepat kain di masukan ke dalam air dingin lalu dikucek-kucek menggunakan tangan agar sisa-sisa malam yang menempel dapat seluruhnya terangkat. Jika kain sudah bersih seluruhnya dari sisa-sisa malam, kain dapat dijemur dan diperlakukan seperti kain biasa lain.


Demikianlah proses membatik dari awal sampai akhir. Dikarenakan waktu itu batik buatan saya ini harus segera dikumpulkan ke dosen saya, jadi saya tidak sempat memfotonya, saya baru sempat memfoto setelah diberi packaging dan hiasan seperti berikut ini.


Demikian sedikit pengalaman membatik dari saya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk siapapunjuga, amin…

Akhir kata, Assalamualaikum Wr Wb. 

2 comments:

KangDW said...

Cantik mbak, batiknya

Unknown said...

Thanks for sharing.. Mencari kain batik cap berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian maupun seragam kerja?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free