Monday 7 September 2020

CONTOH RPP SATU LEMBAR SMA TERBARU

Assalamualaikum Wr.Wb. 

Berikut ini adalah contoh-contoh RPP satu lembar yang bisa menjadi inspirasi bagi bapak ibu guru dalam membuat perangkat pembelajaran RPP.

Memasuki tahun ajaran baru ini meskipun hampir semua diantara kita melaksanakan pembelajaran secara daring/online tetapi tetaplah administrasi pembelajaran khususnya perangkat pembelajaran harus kita persiapkan. Adanya perangkat pembelajaran sangat penting bagi seorang guru karena perangkat pembelajaran merupakan sekumpulan pedoman apa yang harus dilakukan guru dalam menyelenggerakan pembelajaran dalam satu semester atau satu tahun kedepan.Di dalam perangkat pembelajaran terdapat apa yang disebut RPP. RPP adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

Pentingnya RPP bagi seorang guru bisa diibaratkan sebuah peta bagi seorang penjelajah. Seorang penjelajah ketika akan pergi ke suatu tempat yang baru tentunya selain sudah memiliki tujuan dan mempersiapkan perbekalan yang cukup, mereka juga harus memiliki tuntunan arah jalan mana saja yang harus mereka tempuh berupa peta untuk bisa mencapai tujuan. Mereka yang tidak membawa perbekalan yang cukup atau tidak mengikuti jalan sesuai petunjuk peta atau bahkan tidak memiliki peta sama sekali tentunya akan mengalami banyak hambatan dalam perjalanannya seperti keterlambatan mencapai tujuan atau bahkan tempat tujuan yang didatangi tidak sesuai dengan yang tetapkan. Nah begitupun seorang guru, jika guru tidak memiliki perangkat pembelajaran dan tidak menggunakan RPP sebagi pedoman pembelajaran maka hal tersebut dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang seharusnya. Kembali lagi diibaratkan seperti seorang penjelajah, kalau mereka sudah hafal betul jalannya ya tidak masalah, seperti guru yang sudah mengajar puluhan tahun sudah hatam betul bagaimana pembelajaran yang efektif untuk peserta didik ya tidak apa-apa, tetapi mungkin perangkat pembelajaran khususnya RPP ini akan tetap berguna agar waktu tempuh untuk mencapai tujuan dapat sesuai dengan alokasi waktu dan tujuan pembelajaran lainnya seperti pencapaian nilai-nilai spritual, sosial dan lain-lain yang berupa sikap dapat tercapai pula.

Permasalahan yang mungkin sedang dirasakan oleh guru-guru di Indonesia saat ini adalah RPP tahun 2020 ini memiliki format yang baru. Seperti yang sudah saya sampaikan pada postingan sebelumnya di blog ini yang membahas tentang RPP juga kalau format RPP itu selalu berubah hampir setiap tahun apalagi jika posisi menteri pendidikannya baru diganti menjadi yang baru maka pastilah ada perubahan drastis seperti sekarang ini. Oleh sebab itu jika sebelumnya satu RPP untuk satu pertemuan bisa lebih dari 5 lembar, kini RPP untuk satu pertemuan bisa satu lembar saja, bahkan bisa pula untuk 1 KD cukup satu lembar saja. 

Dan saya yakin alasan bapak/ibu membuka browser dan menemukan situs ini adalah karena bapak/ibu sedang mencari Contoh RPP satu lembar untuk ditiru, walaupun disekolah bapak/ibu sudah diselenggarakan IHT atau workshop pembuatan RPP satu lembar tapi pasti dalam hati atau fikiran bapak ibu masih ragu apakah RPP yang saya buat sudah benar atau belum, sehingga alternatifnya melihat dan meniru RPP milik orang lain akan memberikan rasa percaya diri tertentu dalam mengerjakannya. Oleh karena itu berikut ini saya berikan RPP Inspiratif atau Kumpulan Contoh RPP Satu Lembar untuk Tahun Ajaran 2020. Tentunya untuk diawal meniru contoh RPP tidak apa-apa tetapi saya berharap budaya meniru di Bangsa Indonesia dapat perlahan hilang karena di kita meniru contoh milik orang lain seperti sebuah tolak ukur benar atau salahnya padahal belum tentu yang kita tiru itu adalah contoh yang benar, meniru ini juga menyebabkan orang malas mencari dasar kebenaran dari sebuah karya atau pekerjaan. Kenapa saya bilang begitu? Ini untuk menyemangati bapak/ibu agar lebih kreatif, karena sebetulnya format RPP Satu Lembar ini adalah format RPP yang fleksibel, bisa bapak/ibu kreasikan bagaimana formatnya asalkan mengandung setidaknya aspek berikut yaitu Identitas, Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran dan Penilaian. Selebihnya bebas. Jadi silahkan bapak ibu keluarkan kreatifitasnya siapa tahu RPP bapak/ibu menjadi RPP terbaik di Indonesia.

Nah berikut Contoh RPP Inspiratif Satu Lembar Tingkat SMA Untuk Tahun Ajaran 2020










0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | ewa network review
SEO Links Exchanges, Blog Link Building Service Build Your Links For Free, Links Building Service SEO Links Attitude | Free SEO Links Building Free Backlink Service, Links Building 4 Free